Rabu, 10 Oktober 2012

Pengertian Manajemen dan Manajer



Manajemen berasal dari kata manage dan dalam bahasa latin manus yang berarti memimpin, mengatur atau membimbing. Manajemen bukan sekadar ilmu dan seni, tetapi merupakan kombinasi keduanya. Pada umumnya para manajer efektif mempergunakan pendekatan ilmiah dalam pembuatan keputusan, apalagi dengan perkembangan peralatan komputer. Dalam sistem manajemen akan terlihat siapa yang memenuhi riteria untuk ditunjuk sebagai manajer dan bawahan. Karena ada 2 klasifikasi dalam manajemen, yaitu ada yang memimpin, dan kedua ada yang dipimpin.

Manajemen informasi merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga pembuangan terhadap informasi (yang tidak berguna) pada waktu yang tepat (Mc.Leod, 1998).

Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Sebagai pengguna sistem informasi manajemen, tingkatan manajemen ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga tingkatan, yaitu:
  • Manajer tingkat perencanaan stratejik (strategic planning); merupakan manajer tingkat atas, seperti para jajaran Menteri, di mana keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan dengan perencanaan stratejik yang meliputi proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penetapan tujuan organisasi, dan penentuan strategi organisasi.
  • Manajer tingkat pengendalian manajemen (management control); yang dikenal juga dengan istilah manajer tingkat menengah, mempunyai tanggung jawab untuk menjabarkan rencana stratejik yang sudah ditetapkan ke dalam pelaksanaannya dan meyakinkan bahwa tujuan organisasi akan tercapai. Termasuk dalam kelompok ini misalnya adalah Pejabat Eselon II, Kepala Kantor Wilayah, Kepala Dinas, dan Eselon III, Kepala Bagian/Bidang.
  • Manajer tingkat pengendalian operasi (operational control) merupakan manajer tingkat bawah misalnya eselon IV dan V, bertanggung jawab melaksanakan rencana yang sudah ditetapkan oleh manajer tingkat menengah, yang terwujud dalam operasi/kegiatan organisasi.
Penggunaan Sistem Informasi Manajemen

Piramida Sistem Informasi Manajemen
(http://gudangmateri.files.wordpress.com/2009/09/piramida-sim.jpg)



http://totoharyanto.staff.ipb.ac.id/files/2011/09/SI_Manajemen
(http://gudangmateri.files.wordpress.com/2009/09/piramida-sim.jpg) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar